National Conference on Industrial Engineering

Conference Archives

National Conference on Industrial Engineering 2018

Aula Teknik
(Jalan Almamater, Pintu 3), Universitas Sumatera Utara
Medan, ID

July 5, 2018 – July 6, 2018

Perkembangan dunia pendidikan menuntut perguruan tinggi untuk menciptakan sumber daya manusia yang tidak hanya mampu berfikir secara teoritis, namun mampu mengaplikasikan hasil yang diperoleh selama proses pembelajaran. Perguruan Tinggi merupakan lembaga pendidikan yang memiliki potensi dalam menghasilkan riset inovatif yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Hanya saja, belum banyak perguruan tinggi yang menghasilkan produk-produk inovasi yang siap dihilirkan keindustri untuk didistribusikan kemasyarakat.

Dalam upaya mendongkrak daya saing dan memperoleh manfaat dari perubahan sistem global di era Industry 4.0 saat ini, hal penting yang harus dibangun adalah penguatan inovasi di sector industri. Pada industri dalam negeri memiliki beberapa keunggulan atau comparative advantage yang harus dimanfaatkan dan dioptimalkan. Dalam upaya peningkatan produktivitas industri, diperlukan peningkatan kemampuan SDM industri serta peningkatan dukungan teknologi dan inovasi. Peranan Desain Produk diperlukan dalam upaya meningkatkan daya saing secara global. Sama hal nya dengan kemampuan yang dituntut pada lulusan pendidikan keteknikan yang dijelaskan menurut ABET (The Accreditation Board for Engineering and Technology). Para lulusan ABET harus memiliki karakteristik dalam hal merancang dan melakukan percobaan disamping menginterpretasikan data.

Desain Produk yang telah dibuat dan didesain perlu memiliki legalitas atau sering disebut dengan Hak Paten. Apabila kita memiliki suatu keahlian/produk yang unik yang bernilai secara finansial, maka sebaiknya didaftarkan di Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia untuk memperoleh Hak Paten. Sehingga, karya ataupun desain produk tersebut tidak dibajak oleh orang lain jika karya tersebut tidak dilindungi atas kekayaan intelektual. Jika Hak Paten kita dibajak atau ditiru oleh orang lain, maka kita dapat menuntut secara hukum. Desain Produk atau suatu keahlian yang telah memperoleh hak paten akan dapat meningkatkan daya saingnya di dalam pasar global.

Tema

“Peningkatan Daya Saing Produk dalam Menghadapi Pasar Global”

 

Pembicara

  • Assoc. Prof. Amir Yazid bin Ali, Ph.D (USM)
  • Dr. Wahyudi Sutopo, ST.,M.Si (UNS)
  • Ir. Rosnani Ginting, MT.,Ph.D., IPM (USU)
  • Ir. Faisal Safa, M.Sc.,IPM (ISTMI)

 

View Conference Details