Call for Papers

Biomedical Science on Environment and Human Diseases

Author Guidelines

Petunjuk untuk Penulis

Artikel Temu Ilmiah Nasional KIBI III 2017

Bahasa

Artikel ilmiah pada Temu Ilmiah Nasional III KIBI 2017dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris sesuai dengan kaedah penggunaan bahasa yang baik dan benar.

Ketentuan Artikel

Naskah yang dapat dikirim adalah naskah asli hasil penelitian. Artikel tinjauan pustaka tidak diterima. Terlepas dari sumber alat pengolah kata, hanya format Word (.doc atau .docx) elektronik yang dapat dikirimkan melalui sistem. Jumlah halaman naskah dibatasi 5 halaman A4,satukolom, danspasi 1,5 dengan huruf Times New Roman dan ukuran font 11.

Pengakuan dari panitia yang secara resmi, menetapkan tanggal penerimaan naskah. Korespondensi dan bukti lebih lanjut akan dikirim ke penulis pengirim sebelum naskah dipublikasikan kecuali dinyatakan lain.

 

Format Penulisan Artikel

Judul Artikel

Judul ditulis secara singkat, spesifik, lugas dan mencerminkan isi artikel. Judul tidak melebihi

15 kata, ditulis dengan title case (setiap kata diawali dengan huruf besar) dengan ukuran 14 pts,spasi single, dan menggunakan rata tengah (center). Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggri

Identitas Penulis

Nama penulis ditulis lengkap tanpa gelar akademik, jabatan, dan kepangkatan serta ditempatkan satu spasi di bawah judul artikel. Institusi penulis diletakkan di bawah nama penulis. Alamat korespondensi berupa alamat email ditulis lengkap untuk memudahkan komunikasi.

  • Abstrak dan Kata Kunci

Abstrak ditulis dalam dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dalam bentuk

satu paragraf dengan jumlah maksimal 200 kata. Format abstrak adalah pendahuluan, metode, hasil dan simpulan yang ditulis secara ringkas dan padat. Abstrak diketik dengan ukuran tulisan 10 pts dan spasi single.

Bagian akhir abstrak terdapat kata kunci yang mencerminkan konsep yang terkandung dalam artikel dan membantu meningkatkan keteraksesan artikel, serta untuk penyusunan indeks. Jumlah kata kunci maksimal 5 kata (dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris)

  • Artikel

Artikel terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  1. Pendahuluan
  2. Bahan dan Metode
  3. Hasil dan Diskusi
  4. Simpulan.

Gambar

Istilah gambar mengacu pada grafik, chart, peta, sket, diagram dan gambar lainnya. Setiap gambar harus dicantumkan dalam teks naskah dan disertakan pula file elektroniknya secara terpisah ketika naskah dikirimkan. Gambar harus beresolusi 300 dpi kecuali resolusi sengaja diatur ke tingkat yang lebih rendah karena alasan ilmiah. Judulgambar diletakkan di bawah gambar, ditulis dengan title case kecuali kata penghubung danditebalkan. Gambar diberi nomor urut sesuai dengan pemunculan dalam teks. Penyebutan gambar dalam teks harus mendahului gambar.

Bila berupa gambar orang yang mungkin dapat dikenali atau berupa ilustrasi yang pernah dipublikasi maka harus disertai izin tertulis.

Tabel

Tabel dibuat tanpa menampilkan garis kolom sedangkan garis baris pada tabel hanya ditampilkan untuk memisahkan judul keterangan tabel dan mengakhiri isi tabel. Kata “tabel” ditulis di tepi diikuti nomor dengan angka Arab dan judul tabel. Judul tabel ditempatkan di atas tabel, ditulis dengan title case kecuali kata penghubung. Nomor tabel berurutan sesuai dengan urutan penyebutan dalam teks. Tabel dilengkapi dengan subjudul pada setiap kolom yang ditulis dengan title case. Tulisan dalam tabel diketik menggunakan huruf arial, ukuran 9 pts.

Ucapan Terima Kasih

Ucapan terima kasih ditujukan kepada profesional yang membantu penyusunan makalah,

termasuk pemberi dukungan teknis, dana dan dukungan umum dari suatu institusi.Semua ucapan terima kasih (jika ada) dapat disertakan di bagian akhir makalah sebelum bagian referensi.

Daftar Pustaka

Daftar pustaka ditulis berdasarkan aturan vancouver. Jumlah daftar pustaka sebaiknya tidak melebihi 30 dan dibatasi dari tulisan yang terbit dalam satu dekade terakhir. Untuk penyingkatan nama majalah atau jurnal dalam daftar pustaka dapat mengikuti List of Journal Indexed in Index Medicus

  • Pengiriman Naskah

Naskah lengkap harus dikirimkan oleh salah satu penulis naskahkepada panitia secara online melalui situs https://ocs.usu.ac.id/KIBI/KONASII. Tanggal akhir penerimaan naskah oleh panitia adalah 30 September 2017. Penulis yang mengirimkan naskah, bertanggung jawab atas naskah selama pengajuan dan penelaahan naskah oleh ahli. Jika untuk beberapa alasan teknis penyerahan melalui sistem daring tidak memungkinkan, penulis bisa menghubungi alamat email: kibimedan@gmail.com.

  • Penelaahan Naskah oleh Pakar (Reviewer)

Semua naskah yang diterima oleh panitia akan ditelaah oleh pakar dan diharapkan dapat memenuhi standar akademis yang unggul. Naskah yang telah disetujui oleh pakar, akan diterbitkan dalam buku Prosiding Temilnas III KIBI 2017 sementara abstrak akan diterbitkan online.

  • Jenis presentasi

Peserta dapat memilih untuk menentukan jenis presentasi yang diinginkan (Presentasi Oral atau Poster), tetapi keputusan akhir akan ditentukan oleh reviewer.

Submissions for this conference were closed on 2017-11-07.